Inilah 3 Keris yang Paling Melegenda di Nusantara

Oleh:   S ManDotOrg S ManDotOrg   |   05.46.00
Advertisement
Keris merupakan senjata khas Nusantara yang sejak zaman para leluhur sampai zaman sekarang dipercaya mempunyai kekuatan dan bermakna sakral oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Begitu sakralnya makna akan sebuah senjata pusaka ini di Indonesia, sampai ada ritual khusus untuk pembersihan senjata yang bentuknya khas ini. 

Nah, berbicara tentang keris, ada beberapa nama keris yang hingga kini namanya masih sering di perbincangkan saking melegendanya. Keris apa saja yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Keris Empu Gandring

Kisah Empu Gandring di Indonesia begitu fenomenal dalam sejarah Indonesia yaitu yang mengisahkan tentang masa kejayaan kerajaan Singasari. Empu Gandring merupakan keris yang diambil dari nama penciptanya yaitu seorang ahli keris yang sakti pada masa itu. Ia bisa membuat keris hampir dalam waktu semalam saja. Namun sayangnya, keris yang dibuatnya menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri.

Pada saat itu, keris Empu Gandring adalah keris yang dipesan oleh Ken Arok. Tetapi, Ken Arok menjadi murkan karena keris yang dipesannya belum selesai sepenuhnya dalam waktu semalam. Akhirnya, Ken Arok membunuh Empu Gandring. Sebelum Empu Gandring tewas, ia mengutuk keris tersebut sebagai penyebab kematian 7 raja Singasari. Ken Arok tidak memercayai kutukan tersebut dan tetap membawa keris Empu Gandring.

Ternyata kutukan tersebut benar adanya. Semenjak keris itu dibawa oleh Ken Arok, timbul kejadian yang akhirnya menimbulkan perpecahan di kerajaan Singasari. Kejadian tersebut bermula dari Ken Arok yang membunuh Tunggul Ametung karena Ken Arok ingin menikahi Ken Dedes, yaitu istri Tunggul Ametung. Padahal waktu itu Ken Dedes sedang mengandung anak Tunggul Ametung. 

Setelah kematian suaminya, Ken Dedes pun akhirnya mau menikah dengan Ken Arok karena terpaksa. Beberapa puluh tahun kemudian, setelah anak Ken Dedes yang bernama Anusapati Dewasa, yang merupakan hasil perkawinannya dengan Tunggul Ametung beranjak dewasa, Anusapati curiga kalau dirinya adalah anak tiri Ken Arok karena ia selalu diperlakukan berbeda dengan saudara-saudaranya. Anusapati berhasil membujuk ibunya untuk menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Dari cerita ibunya, Anusapati menjadi tahu kalau Ken Arok telah membunuh ayahandanya. 

Anusapati berhasil mendapatkan keris Empu Gandring yang disimpan oleh ibunya dan ia menyuruh pembantunya untuk membunuh Ken Arok. Setelah Ken Arok berhasil dibunuh, pembantunya pun ia bunuh menggunakan keris itu juga supaya namanya bersih dari tuduhan pembunuhan. 

2. Keris Pusaka Setan Kober

Keris ini merupakan kering paling sakti yang dimiliki oleh Arya Penangsang. Keris Pusaka Setan Kober dibuat oleh Empu Supo Mandagri, yaitu seorang empu yang menjadi murid Sunan Ampel dan terkenal di Tuban, Jawa Timur. 

Di balik kesaktian keris tersebut, ternyata mempunyai karakter panas bagi pemiliknya dan haus akan darah. Pemilik keris tersebut akan mudah marah dan terpancing emosinya jika belum berhasil mengalahkan musuh. Inilah yang dianggap sering menguasai Arya Penangsang untuk terus membunuh orang-orang yang dianggap penting di masa lalu. Sampai akhirnya, setelah kematian Arya Penangsang, keris tersebut ikut lenyap dari muka bumi dan tidak diketahui siapa orang yang berhasil memusnahkannya.

3. Keris Condong Catur

Keris Condong Campur merupakan keris yang dibuat oleh ratusan empu-empu yang tersohor pada masa itu. Keris ini dibuat dari batu meteor dan di berbagai tempat yang keramat. Keris Condong Campur dikenal memiliki kekuatan jahat karena para empu yang membuatnya berselisih dalam mengunggulkan kekuatan dalam mentransfer kekuatan pada keris tersebut. 

Kekuatan sakti yang dimiliki Keris Condong Catur menjadi penyebab atas peperangan para pemimpin di kerajaan Majapahit untuk memperebutkan keris tersebut dengan cara saling menikam. 

Akhirnya, para empu yang membuat keris ini menyatukan kekuatan mereka untuk memusnahkn keris yang telah mereka buat. Akhirnya, Keris Sabuk Inten dikirimkan untuk memusnahkan Keris Condong Catur. Namun, Keris Sabuk Inten tidak mampu mengalahkan kekuatan Keris Condong Catur. Hingga akhirnya, diutuslah Keris Sangkelat dan berhasil menghancurkan Keris Condong Catur. Konon, Keris Condong Catur naik ke angkasa menjadi komet yang akan turun setiap 500 tahun sekali dengan membawa wabah penyakit dan berbagai peperangan manusia di bumi.

Nah, itulah 3 keris legendaris yang pernah ada di Nusantara. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda seputar sejarah keris-keris dan kerajaan yang adadi Nusantara.
3 Keris Paling Melegenda di Indonesia


Tampilkan Komentar