3 Ilmuwan Asli Indonesia yang Namanya Telah Diakui Dunia

Oleh:   S ManDotOrg S ManDotOrg   |   04.48.00
Advertisement
Negara Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang yang sumber daya manusia nya bisa di bilang masih kalah jauh di bandingkan dengan Negara-negara maju layaknya Amerika, Inggris, Jepang dan lainnya. Karena masih banyak generasi muda kita yang standar kehidupannya jauh dibawah rata-rata, yang sebagian bahkan tak mengenal bangku sekolah.

Namun, siapa sangka dengan jumlah sumber daya manusia yang terbilang minim tersebut, Indonesia memiliki orang-orang yang cukup jenius, dan bahkan kejeniusannya ini di akui dan di kenal masyarakat dunia. Walau tak jarang diantaranya masih tidak terlalu diperhatikan dan tidak didukung oleh pemerintah sendiri, namun kinerja dan penemuan yang diciptakan oleh mereka, mendapat apresiasi positif di dunia. Nah, penasaran siapa saja ilmuan hebat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. BJ. Habibie

Siapa yang tidak mengenal Bapak Habibie? Seorang profesor yang juga salah satu mantan presiden Indonesia ini merupakan salah satu ilmuwan Indonesia yang paling berpengaruh dalam bidang penerbangan. Bahkan beliau pula yang menemukan teori, faktor, dan metode habibie yang digunakan dalam teknologi pesawat terbang.

Bernama lengkap Baharudin Jusuf Habibie, beliau memulai awal karirnya di Negara Jerman. Hingga saat ini, nama habibie masuk ke dalam salah satu pemegang hak paten di dunia dari bidang penerbangan. Hasil karya beliau pun telah diakui dan dijadikan referensi dari beberapa produsen pesawat terbang di dunia.

Salah satu pemikirannya yang dijadikan standar dalam penerbangan adalah mengenai teori keretakan pesawat. Teori ini berhasil di gunakan untuk menghitung keretakan yang terjadi secara rinci hingga pada hitungan atomnya. Dengan adanya teori ini, para produsen pesawat dapat menghitung resiko pesawat yang akan jatuh.

2. Doctor rer. Nat. Evvy Kartini

Beliau juga menjadi salah satu pemegang hak paten di dunia atas penemuan yang telah diciptakannya. Sosoknya memang telah diakui di dunia. Beliau merupakan ilmuwan jenius asli Indonesia yang memiliki kemampuan di bidang pengembangan tenaga nuklir. Beliau dikenal dengan penemuannya yang tentang penghantar listrik dari bahan gelas dengan menggunakan teknik hamburan netron yang berbeda dari bahan sebelumnya.

Penemuannya ini beliau ciptakan ketika masih magang di Hahn Meitner Insitute di Berlin, Jerman. Hingga saat ini penemuan Evvy Kartini telah mengantarkan namanya tercatat di dalam jurnal internasional yaitu Canadian Journal of Physics (1995), Physical Review B pada tahun 1995, dan Physica B pada tahun 1997.

3. Ir. Adi Rahman Adiwoso, M.Sc

Ilmuwan jenius asal Indonesia lainnya yaitu berasal dari bidang aeronautika. Beliau merupakan lulusan Bachelor of Science dari universitas Purdue Amerika Serikat pada tahun 1975 dan master of science bidang aeronautika dan astronautika di Institut Teknologi California, Amerika Serikat. Beliau sempat magang di bagian perakitan satelit Hughes Aircraft yang merupakan salah satu kontraktor pertahanan internasional terbesar di California.

Setelah 8 tahun kemudian, beliau kembali ke tanah air dan menghasilkan produk teknologi terbaru yang belum ada di pasaran dunia. Temuannya ini membuat komunikasi antar handphone dapat dilakukan dimanapun anda berada meski jaringan kabel belum menjangkau dan kehilangan sinyal.

Beliau menemukan alat komunikasi yang bebas blank spot dan hemat tempat dengan memasang satelit komunikasi pada orbit geostationer. Peluncuran satelit sipil pada Februari 2000 ini pun banyak mengejutkan operator satelit dunia.

Sebenarnya masih banyak lagi lainnya, ilumuwan jenius asal Indonesia yang belum disebutkan di dalam artikel di atas. Nah, sudah sepatutnya kita berbangga dengan mereka, dan menjadikan motivasi agar kita tak pernah menyerah dalam berkarya.
3  Ilmuwan Jenius Asli Indonesia yang Namanya Telah Diakui Dunia


Tampilkan Komentar